>>>
you're reading...
Ekonomi & Kewirausahaan, Motivasi & Prestasi, Pendidikan

Menjual Mahal Indonesia

Pedagang Kayu Bakar

Tidak ada yang menyangkal kalau tanah air nusantara ini kaya akan segalanya, termasuk kaya akan bencana alam. Benar, saya tidak bercanda. Namun sangat disayangkan kekayaan alam, budaya, sosial dan lainnya tidak kita olah dengan maksimal.

Semua dijual mentahan ke investor asing. Semisal emas dijual ke Freeport. Gas alam jadi bancakan pihak luar. Kelapa Sawit juga mentahan kita ekspor. Coba kita mau sedikit modal untuk mengolah sendiri dan produk yang dihasilkan baru kita ekspor. Kan tentunya punya nilai jual yang berlipat. Namun sayang. Kita dari dulu terdidik sebagai konsumen, bukan produsen.

Pola pendidikan yang kurang benar

Kenapa saya berani berkata begitu? Ya berdasarkan pengamatan saya selama ini. Anak-anak kita sudah diajari manja semenjak duduk di bangku sekolah. Sadar gak sadar ini terjadi. Lihat dan perhatikan. Pakai seragam SMP sudah bawa motor sendiri. Pakai baju SMU sudah bawa mobil sendiri. Konsumtif dan tidak mau sedikit susah.

Pelajar Jepang & China

Berbanding terbalik dengan negara maju, Jepang ambil contoh. Lihat murid sekolah disana, tidak diperbolehkan mereka ke sekolah naik kendaraan pribadi, kecuali sepeda gayung. Selebihnya wajib naik bus sekolah. Dari kecil mereka sudah didik untuk tertib dan bekerja keras. Wajar kalau Jepang jadi negara maju bukan?

Pola pendidikan sekolah saat ini mengajarkan lebih banyak teori yang memacu otak kiri lebih aktif, mengacu pada IQ. Sedangkan porsi melatih otak kanan yang sebenarnya mempunyai peranan lebih besar saat hidup di dunia nyata, dunia kerja dan wirausaha, malah sedikit takarannya. Dunia tersebut memerlukan EQ sekitar 80 %, bukan IQ. Jadi wajar berapa juta sarjana di Indonesia pada nganggur?

Mari Berdagang dan berwirausaha ala Muhammad

Ajakan ini bukan saya yang mengajak, tapi Rosulullah SAW. Beliau dari kecil sudah ikut berdagang. Istrinya pun seorang pedagang yang sukses. Itu contoh yang diajarkan nabi Muhammad kepada umatnya.

Mekkah. Dimana Suku Quraisy tinggal, saat Rosul hidup merupakan jazirah pusat perdagangan. Dari sinilah dunia perdagangan membentuk karakter Muhammad. Menjadi pedagang yang amanah, jujur, murah hati, tidak menipu dan sekaligus ingat akhirat. Pas sesuai dengan takarannya.

Nabi Musa AS memiliki mukjizat merubah tongkatnya menjadi ular. Sanggup membelah lautan. Nabi Isa AS, mengobati orang sakit. Bahkan mampu membangkitkan orang dari kematiannya. Nabi Muhammad SAW, mukjizat terbesarnya Al Quran dan ajaran-ajaran beliau. Termasuk berdagang atau wirausaha 🙂

Mayoritas penduduk Indonesia itu Islam

Jamaah Sholat

Menurut sensus penduduk tahun 2010. Jumlah pemeluk Islam di Indonesia mencapai 85 – 87 persen dari total penduduk sebanyak 237 juta jiwa. Jumlah yang tidak bisa dibilang sedikit.

Bayangkan saja, seandainya 15 persen saja dari 88 persen pemeluk Islam di Indonesia berwirausaha seperti yang sudah dicontohkan oleh Rosulullah SAW. WOOOWW….Niscaya negara ini , saat ini mampu berkejaran dengan Paman Sam, Amerika. Saling salip menyalip untuk menguasai ekonomi dunia. Tapi sayang, kita lebih banyak konsumen daripada produsennya. Lebih banyak pegawai daripada pengusahanya.

Hanya 0,24 persen proporsi jumlah wirausaha di Indonesia dibanding total populasi penduduk. Idealnya adalah kisaran 2 persen — ini angka minimal. Bandingkan dengan jumlah wirausaha negara tetangga. Singapura memiliki wirausaha 7,2 persen; Malaysia 2,1 persen; Thailand 4,1 persen; Korea Selatan 4,0 persen.

Mau tahu jumlah wirausaha Amerika Serikat? Sekitar 11,5 persen dari seluruh populasi penduduknya.

Wajar bila amerika menguasai 30% ekonomi dunia. Indonesia? malaikat saja menangis menjawabnya 😀

Padahal nabi sudah memberi kita suri tauladan bagaimana meraih harta di dunia dan akhirat. Bagaimana membangun masyarakat makmur dengan perdagangan. Lebih baik tangan diatas daripada dibawah. Demikian pesan Nabi.

Bagaimana agar tangan selalu diatas? harus menjadi orang kaya yang rajin bersedekah. Bagaimana untuk kaya? tentu dengan berdagang, berwirausaha. Membuka lapangan pekerjaan, bukan mencarinya.

Jangan ragu berwirausaha

JK Pengusaha sukses dari Makassar

Seperti yang disampaikan oleh Jusuf Kalla di depan mahasiswa dalam seminar nasional tentang kewirausahaan di Universitas Udayana, Bali. Selasa (13/09/11).

Berwirausaha, kata Jusuf Kalla, ibarat berenang. Sebelum dapat berenang, orang boleh membaca banyak referensi mengenai teknik berenang. ”Tapi ketika masuk ke kolam, ia tetap saja tenggelam,” katanya.

“Mulai dari sekarang, tidak usah menunggu gelar, yang penting semangat,” tambahnya.

Akhir kata, kemakmuran negara dan bangsa ini bisa dipercepat. Pertumbuhan ekonominya dapat didongkrak naik. Dengan satu kata, wirausaha. Dan seharusnya umat muslim tanah air bisa tampil terdepan dan memberi contoh sebagai pengusaha – pengusaha sukses. Wirausahawan yang giat dunia dan akhirat.

Tidak untuk Korupsi. Tidak untuk pungli. Tidak untuk kolusi. Tidak untuk kikir dan memperkaya diri sendiri. Demi negara tercinta Indonesia.

Percaya diri, kita bisa 😀

 

Referensi: Kompas.com / aturandalamberdagang.blogspot / Koperasiperadah.org 

Photos: Semua diambil dari Google.

Advertisements

About Tototapalnise

Rakyat Indonesia yang cinta hati, jiwa dan raga untuk bangsanya.

Discussion

One thought on “Menjual Mahal Indonesia

  1. Namun terkadang mau memulai usaha itu bingung kudu mulai dari mana dan usaha apa..hehehhe

    Posted by Togog | September 19, 2011, 10:00 am

Tinggalkan pesan :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 10,284 Ciluk baaa!!

Ragam Tulisan

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Alexa Certified Site Stats for indonesiakusociety.wordpress.com
Advertisements
%d bloggers like this: